Minggu, 25 Maret 2012

Ronaldinho


Ronaldinho061115.jpg
Ronaldo Assis de Moreira (lahir di Porto Alegre, Brasil, 21 Maret 1980; umur 32 tahun) atau lebih dikenal dengan Ronaldinho adalah pemain sepak bola berkebangsaan Brasil yang bermain untuk Flamengo dan tim nasional Brasil. Ia bisa bermain sebagai gelandang serang atau penyerang.
Ronaldinho pernah bermain untuk Grêmio, Paris Saint-Germain, Barcelona, dan A.C. Milan sebelum bergabung dengan Flamengo pada bulan Januari 2011. Saat di Barcelona, Ia berhasil meraih gelar Liga Champions UEFA dan gelar Ballon d'Or tahun 2005.


Ronaldinho dua kali mendapatkan gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA, yaitu pada tahun 2004 dan 2005. Ia pernah menjadi pemain dengan penghasilan tertinggi, melampaui David Beckham dari LA Galaxy.



"Ronaldinho" adalah nama panggilan dan panggilan sayang dari nama depannya "Ronaldo." Sebelum bermain di Eropa, orang-orang Brasil memanggilnya "Ronaldo Gaúcho", untuk membedakannya dengan Ronaldo, rekannya di timnas Brasil. Setelah Ronaldo hijrah ke Eropa, ia tidak lagi menggunakan nama "Gaúcho" namun memilih nama Ronaldinho yang lebih dikenal hingga kini.
Ronaldo memiliki kewarganegaraan ganda Brasil dan Spanyol. Ia mendapat pasport Spanyol pada bulan Januari 2007

Tidak ada komentar: