Sabtu, 24 Maret 2012

Earth Hour 31 March


Peringatan Earth Hour yang merupakan kampanye hemat energi listrik akan dilakukan di 22 kota di Indonesia pada 31 Maret mendatang. Jakarta yang termasuk salah satu kota yang berpartisipasi dalam peringatan Earth Hour akan melakukan pemadam listrik Selama 1 jam mulai pukul 20.30 hingga 21.30 WIB, Kota Jakarta akan gelap gulita.

"Untuk tahun ini, kampanye Earth Hour 2012 akan diikuti 22 kota di seluruh Indonesia. Jumlah ini mengalami peningkatan tajam dibandingkan tahun lalu yang hanya diikuti lima kota di Pulau Jawa," Jelas Direktur Iklim dan Energi World Wild Fund (WWF) Indonesia, Nyoman Iswarayoga.

Dalam kesempatan itu, Nyoman juga mengatakan jumlah ini merupakan loncatan yang sangat jauh bila dibandingkan tahun lalu. Yang istimewa, tahun ini Kota Banda Aceh akan mengikuti Earth Hour 2012. Hanya saja, waktu pelaksanaannya berbeda setengah jam. Kota Banda Aceh akan mulai dari pukul 21.00 hingga 22.00, lantaran harus melaksanakan sholat Isya terlebih dahulu. Sedangkan di Jakarta, rencananya puncak perayaan Earth Hour akan dipusatkan di Central Park Mall, Jakarta Barat mulai pukul 20.30 hingga 21.30 WIB.





"Kampanye hemat energi listrik melalui Earth Hour 2012 untuk keempat kalinya di Ibu Kota akan dilakukan melalui pemadaman lampu dan listrik di seluruh pelosok kota Jakarta," ujarnya lagi. Seperti diketahui, lebih dari 1,8 miliar lebih penduduk dunia yang berpartisipasi dalam peringatan Earth Hour.

Earth Hour sendiri adalah ajakan untuk peduli terhadap perubahan iklim dengan cara mematikan lampu dan alat elektronik selama satu jam. Program kampanye ini digagas pertama kali oleh lembaga swadaya masyarakat World Wildlife Fund di Sydney, Australia pada 2007.

Nyoman Iswarayoga, Direktur Program Iklim dan Energi WWF-Indonesia menambahkan, pasca acara Earth Hour Indonesia tahun ini, pihaknya akan menyelenggarakan program penghargaan "Aksi untuk Bumi - Kategori Kota".

Masing-masing kota yang menyelenggarakan kampanye Earth Hour tahun ini akan diminta untuk menominasikan 1 gedung pemerintah, 1 kampung hemat energi dan 1 sekolah untuk dinilai kiprahnya terhadap lingkungan.

Ada tiga kategori penilaian yang digunakan yaitu penerapan prinsip 3R (Reduce, Reuse dan Recycle), kategori efisiensi energi dan penerapan gaya hidup hijau atau gaya hidup ramah lingkungan.

Penilaian akan dilakukan secara berkala selama 6 bulan pada periode September 2012-Maret 2013 oleh tim juri di tiap kota yang menyelenggarakan Earth Hour Indonesia 2012.

Kota dengan nilai tertinggi akan memeroleh penghargaan "Aksi untuk Bumi Award" yang akan diserahkan dalam puncak acara Earth Hour Indonesia tahun depan

Tidak ada komentar: